Monday, May 30, 2011

Happy Cooking: Pancake

Yup.. enakanya kalo di rumah salah satunya adalah gw bisa beljar masak! haha

Setelah sebelumnya dengan sukses sentosa bikin sayur kesukaan gw, sayur bayem, pada percobaan yg pertama. ^^v And hari Sabtu kmaren, i decide to make PANCAKE!

Pancake ini juga salah satu camilan kesukaan gw. Pertama2 gw search resep dulu di google.
Dan resep yg terpilih adalah sebagai berikut:

Resep Pancake
Bahan:
250ml susu segar plain; 1,5 sdm cuka makan; 165gr. tepung terigu; 2 sdm gula pasir; 1 sdm baking powder; 1/4 sdm garam; 1 butir telur; 2 sdm mentega, dilelehkan.

Cara:
Campur susu segar dengan cuka, aduk rata. Hasilnya susu akan mengental (seperti susu basi).
Campur tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam.
Masukkan campuran susu ke dalam campuran tepung, aduk rata.
Masukkan telur dan mentega leleh, aduk rata.
Diamkan sekitar 15 menit.
Tuang adonan dengan menggunakan sendok sayur ke dalam wajan datar yang diletakkan di atas api kecil (wajannya dipanasin dulu ya), tutup beberapa saat, kalau sudah mulai muncul pori2, balik.

Catatan: karena ukuran telur yang tidak sama, jika adonan terlalu kental, tambahkan susu, tapi jika terlalu encer tambahkan terigu.

Sumber: http://www.ardifa.com

Kenapa gw milih resep ini? salah satunya karena dia make cuka masak. Menurut gw rada2 aneh, so gw tertantng buat nyoba buatnya. Selain itu dia jg cuma make 1 telor (jadi kalo gagal kan ga sayang2 bgt, hehe)
Pada proses pembuatannya gw make susu bant*al yg rasa keju (soalnya adanya rasa itu doang pas gw beli di ind*maret), trus gw pake tepung terigu yg biasa (kiloan).
selanjutnya gw ngikutin resep.

tak beberapa lama....
whuallaaa.. disisit. Pancake ala Trista Queen :p
Untuk toppingnya, gw make yg ada di rumah aja. selai stroberi ama gw kucurin susu kental manis. Trus nemu setup buah dikulkas. So, gw taro aja potongan nanas ama pepaya buat garnish

hmmm.... keliatannya enak ga?

for make sure, ada beberapa relawan yang bersedia icip2, tak lain dan tak bukan adalah ade gw (Panca, kiri) and his friend yg kebetulan lg maen di rumah (Abrar, kanan).
sukarelawan icip2

dalam sekejap tu pancake udah ludes ama mereka (ga tau deh karena laper apa doyan -___-*)
But overall i can say that my pancake is SUKSEEES!!!

Yaaay~

Mau nyoba? dateng aja ke rumah. hehe.

Loff.

#happycooking

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...